3 Alasan Mengapa Anda Harus Menyalakan Lampu Sein

Alasan Menyalakan Lampu Sein – Keberadaan lampu pada kendaraan bukanlah aksesoris semata. Selain untuk penerangan, lampu pada kendaraan baik itu mobil atau sepeda motor adalah fitur keselamatan terpenting yang harus selalu berfungsi dengan baik.

Alasan Menyalakan Lampu Sein
3 Alasan Mengapa Anda Harus Menyalakan Lampu Sein

Ada beberapa jenis lampu yang terdapat pada kendaraan yaitu lampu depan, lampu belakang dan lampu sein di sisi kanan dan kiri kendaraan. Seperti kita tahu, lampu sein merupakan isyarat sebelum mengarahkan kendaraan untuk belok kiri atau kanan.

Namun sayangnya, keberadaannya kerap disepelekan oleh pengendara terutama para pengendara sepeda motor. Padahal lampu sein sepeda motor memegang peranan penting, bahkan bisa mengurangi kecelakaan. Dan berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menyalakan lampu sein saat berkendara.

Baca juga  Takut Ketipu? Begini Tips Aman Membeli Motor Baru

3 Alasan Anda Harus Menyalakan Lampu Sein

1. Meminimalisir Kecelakaan

Layaknya kaca spion dan juga rem, lampu sein dibuat untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Menyalakan lampu sein belok merupakan langkah dasar dalam keselamatan berkendara.

Menyalakan lampu sein berarti Anda memberikan isyarat pada pengguna jalan lainnya yang ada di depan maupun belakang, bahkan para pejalan kaki untuk mengetahui ke mana arah laju kendaraan Anda.

Dengan menyalakan lampu sein, kendaraan di sekitar Anda bisa menjaga jarak aman hingga Anda selesai berbelok sehingga terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

2. Indikator Pindah Jalur atau Berbelok

Banyak orang yang bertanya-tanya seberapa penting menyalakan lampu sein saat berkendara? Jelas penting sekali, karena fungsi utama dari lampu sein adalah memberikan isyarat pada kendaraan di sekitar arah tujuan Anda.

Mau berbelok, berpindah jalur atau menepi pastikan laju Anda sesuai dengan arah lampu yang dinyalakan. Karena sering ditemui pengendara yang menyalakan lampu sein ke kanan tapi berbelok ke kiri atau sebaliknya.

Meski sepele, ini bisa membingungkan pengendara lainnya. Selain itu berbelok tidak sesuai dengan arah lampu sein juga membahayakan keselamatan Anda.

3. Taat Peraturan Lalu Lintas

Menyalakan lampu sein saat berkendara berarti juga mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Di Indonesia sendiri, penggunaan lampu sein telah tercantum pada pasal 112 di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dimana dalam pasal tersebut menjelaskan jika pengemudi yang akan berbelok maupun berbalik arah wajib memberikan isyarat.

Jadi jika seseorang mengabaikan untuk menyalakan lampu sein, bukan tidak mungkin bisa dikenakan sanksi karena telah melanggar peraturan lalu lintas.

Begitu pentingnya fungsi lampu sein untuk berkendara, jadi ada baiknya jika lampu sein tidak luput dari pemeriksaan rutin ketika Anda melakukan servis berkala. Pastikan kedua lampu baik depan maupun belakang tetap berfungsi dengan baik.

Demikianlah Alasan Menyalakan Lampu Sein bagi siapapun yang sedang berkendara di jalanan umum. Semoga bisa bermanfaat ke depanya dan terima kasih.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *